SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargaidan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku konsisten dan teliti dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah,
dan masyarakat sebagai wujud implementasi pemahaman tentang operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan
2.2 Menunjukkan
perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan
masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan operasi bilangan bulat
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran
dalam melaporkan data pengamatan
2.4 Menunjukkan
perilaku disiplin dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat
sebagai wujud implementasi pelaksanakan prosedur dalam menggambar segitiga,
garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbunya menggunakan
penggaris, jangka, dan busur
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis
bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan
dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
3.2
Memahami pengertian himpunan, himpunan
bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan
contoh
3.3
Menentukan nilai variabel dalam persamaan dan
pertaksamaan linear satu variabel
3.4
Memahami konsep perbandingan dan menggunakan
bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran
3.5
Memahami pola dan menggunakannya untuk
menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
3.6
Memahami sifat-sifat bangun datar dan
menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas
3.7
Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat
Kartesius
3.8
Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun
datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri
3.9
Memahami konsep transformasi (dilatasi,
translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri
3.10
Menemukan peluang empirik dari data luaran
(output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data
3.11
Memahami teknik penataan data dari dua
variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik
garis
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.1
Menggunakan konsep aljabar dalam
menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana
4.2
Membuat dan menyelesaikan model
matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linier satu variabel
4.3
Menggunakan pola dan generalisasi
untuk menyelesaikan masalah
4.4
Menggunakan konsep perbandingan untuk
menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik
4.5
Menyelesaikan permasalahan
dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik
4.6
Menerapkan prinsip-prinsip
transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan
permasalahan nyata
4.7
Menyelesaikan permasalahan nyata yang
terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium,
jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
4.8
Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi,
dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
4.9
melakukan percobaan untuk menemukan
peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan
grafik
|
KELAS:
VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai
prosedur dalam melakukan ativitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai
wujud implementasi menggambar sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada
sistem koordinat Kartesius mengikuti
prosedur
2.2
Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan
aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan
sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui
alat peraga
2.3
Menunjukkan perilaku jujur dan bertanggung
jawab sebagai wujud implementasi kejujuran dalam melaporkan data pengamatan
|
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan
bilangan rasional dan pecahan
3.2
Menentukan nilai variabel persamaan linear
dua variabel dalam konteks nyata
3.3
Menentukan nilai persamaan kuadrat dengan
satu variabel yang tidak diketahui
3.4
Menentukan gradien persamaan dari grafik garis
lurus
3.5
Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk
relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram
3.6
Memahami unsur, keliling, dan luas dari
lingkaran
3.7
Memahami hubungan sudut pusat, panjang busur,
dan luas juring
3.8
Memahami Teorema Pythagoras melalui alat
peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan
3.9
Menentukan luas permukaan dan volume kubus,
balok, prisma, dan limas
3.10
Menerapkan lokasi benda dalam koordinat
Kartesius dalam menjelaskan posisi relatif terhadap acuan tertentu
3.11
Menaksir dan menghitung volume permukaan
bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan geometri dasarnya
3.12
Memahami konsep perbandingan dengan
menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
3.13
Menemukan peluang empirik dan teoritik dari
data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data nyata
3.14
Memahami teknik penataan data dari dua
variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik
garis dengan komputer serta menganalisis hubungan antar variabel
|
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Membuat dan menyelesaikan model matematika
dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
4.2
Menggunakan konsep perbandingan untuk
menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
4.3
Menggunakan pola dan generalisasi untuk
menyelesaikan masalah nyata
4.4
Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir
besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik, aljabar, dan aritmatika
4.5
Menggunakan Teorema Pythagoras untuk
menyelesaikan berbagai masalah
4.6
Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait
penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
4.7
Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan
menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar variabel
4.8
Melakukan percobaan untuk menemukan peluang
empirik dari masalah nyata serta membandingkannya dengan peluang teoritik
|
KELAS: IX
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargaidan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam
melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud
implementasi mempelajari sifat-sifat segitiga sebangun dan kongruen
2.2
Menunjukkan perilaku konsisten dan teliti
dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud
implementasi mempelajari barisan, deret aritmetika dan geometri
2.3
Menunjukkan perilaku jujur dan bertanggung
jawab sebagai wujud implementasi kejujuran dalam melaporkan data pengamatan
|
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan
bentuk akar dalam suatu permasalahan
3.2
Memahami operasi aljabar yang melibatkan
bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
3.3
Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat
ditinjau dari koefisien dan determinannya
3.4
Memahami perbandingan bertingkat dan
persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan
persamaan
3.5
Menentukan orientasi dan lokasi benda dalam
koordinat kartesius serta menentukan
posisi relatif terhadap acuan tertentu
3.6
Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan
geometri melalui pengamatan
3.7
Menentukan
luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola
3.8
menaksir dan mengitung luas permukaan bangun
datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi
geometri dasarnya
3.9
Menentukan peluang suatu kejadian
sederhana secara empirik dan teoritik
3.10
Menerapkan pola dan generalisasi untuk
membuat prediksi
3.11
Menentukan nilai rata-rata, median, dan modus
dari berbagai jenis data
3.12
Memahami
teknik penyajian data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai
jenis grafik masalah nyata serta menentukan hubungan antar variabel untuk
mengambil kesimpulan
3.13
Memahami konsep ruang sampel dan menentukan
anggota melalui percobaan
3.14
Memilih strategi dan aturan-aturan yang
sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan
|
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyelesaikan permasalahan nyata yang
berkaitan dengan fungsi kuadrat
4.2
Menggunakan konsep perbandingan untuk
menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase
dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
4.3
Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir
besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai modifikasi aljabar dan
aritmatika
4.4
Menggunakan pola dan generalisasi untuk
menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru
4.5
Menyelesaikan permasalahan nyata hasil
pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan
4.6
Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan
menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai grafik
serta mengidentifikasi hubungan antar variabel serta mengambil kesimpulan
4.7
Menerapkan prinsip-prinsip peluang untuk
menyelesaikan masalah nyata
4.8
Membuat dan menyelesaikan model matematika
dari berbagai permasalahan nyata
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar